Johanes Ribli : The Core Four Key Principles (Unshakeable)

Johanes Ribli sarikan dari buku The Unshakeable by Tony Robbins mengenai the core four key principles

Unshakeable Johanes Ribli intisarikan

Prinsip kunci yang membantu dalam pengambilan keputusan dari setiap investasi yang anda buat

“Mari kita buat sederhana. Benar-benar sederhana.” Steve Jobs

Kompleksitas adalah musuh dari eksekusi

The core four ini sangat dasyhat mempengaruhi kemampuan anda untuk mencapai financial freedom.

Ketika anda membaca core four ini, mungkin anda mengatakan. Wow basic amat, sederhana sekali? Dan yakh, anda betul sekali.

Tetapi tidak cukup hanya tahu prinsip2. Anda harus mempraktekannya. Eksekusi adalah segalanya.

4 prinsip ini membentuk cek list yang sangat berguna. Setiap kali saya berbicara dengan financial advisor tentang suatu investasi, saya harus memastikan bahwa investasi tersebut memenuhi kriteria the four core ini. Jika tidak, maka saya tidak akan tertarik.

Kenapa saya bersikeras mengenai hal ini? Karena tidak cukup berkata “ini adalah hal-hal yang sangat bermanfaat. Saya kan selalu mengingatnya.” Itu tidak cukup!!!

Investor terbaik sadar prinsip ini harus menjadi obsesi. Prinsip ini begitu penting sehingga anda harus menginternalisasi prinsip ini, hidup di dalamnya dan menjadikan the four core sebagai pondasi atas apapun yang anda lakukan sebagai investor.

Core Principle 1: Jangan Kehilangan / Kalah

Pertanyaan pertama adalah bagaimana agar saya tidak kehilangan uang. Ini kayaknya berlawanan dengan intuisi.Kebanyakan kita fokus pada pertanyaan yang berlawanan : “Untungnya bisa berapa? Bagaimana caranya saya bisa mendapatkan untung sebesar-besarnya?”

Tetapi, investor terbesar terobsesi dengan mencegah kekalahan/kerugian. Kenapa? Karena mereka sadar akan prinsip sederhana: semakin banyak uang anda rugi, semakin sulit anda mengembalikannya ke titik semula.

Karena kita tidak bisa memprediksi masa depan. Maka aset alokasi akan membuat kita akan tetap oke walaupun kita salah melangkah.

Jadi kita harus investasi dengan cara bagaimana bisa melindungi kita dari kejutan2 yang mengerikan.

Core Prinsiple 2: Asymmetric Risk/Reward

Kita tahu ada pepatah: untung besar, resiko besar.

Tetapi investor besar berfokus pada kesempatan investasi yang menawakan aysmmetric risk/reward yang artinya keuntungan harus jauh melebihi resikonya. Dengan kata lain, investor ini mencari investasi dengan resiko seminimal mungkin dan keuntungan semaksimal mungkin.

Core Principle 3: Tax Efficiency

Ingat, yang terpenting berapa netto yang anda terima setelah pajak.

Bukan berapa pendapatan anda yang dihitung. Tetapi berapa yang anda simpan. Itulah uang yang sesungguhnya yang anda dapat pakai, reinvestasi atau untuk dana sosial.

Core Principle 4: Diversifikasi

Jangan taruh semua telur anda di dalam 1 keranjang.

Menurut Profesor Burton Malkiel dari Princeton, ada 4 cara diversifikasi:

  1. Diversifikasi beda kelas asset: real estate, saham, bond, dll
  2. Diversifikasi dalam kelas asset: jangan taruh di satu saham atau properti saja
  3. Diversifkasi beberapa pasar, negara dan mata uang
  4. Diversikasi menurut waktu: Kita tidak pernah tahu kapan waktu yang tepat. Jadi investasikan secara sistematis setiap bulan.

Menurut Ray Dalio, jika anda memiliki 15 investasi yang tidak saling berkorelasi, anda dapat mengurangi resiko keseluruhan sampai 80% dan anda dapat meningkatkan 5x ratio return/risk

Johanes Ribli